PENDAHULUAN
Mempelajari
input dan output itu sangat penting karena kita dapat menggetahui apa isi
komputar dan kegunaanya.
Input-Output System computer adalah suatu kode software yang
ditanam di dalam suatu sistem komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberi
informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan
juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware,
seperti untuk meload sistem operasi dari storage ke RAM. BIOS dapat disebut
sebagai miniatur dan suatu sistem operasi yang dikhususkan untuk komunikasi
low-level pada hardware. BIOS biasanya ditulis dalam bahasa assembly atau mesin
yang mana bahasa ini biasanya spesifik kepada suatu prosesor tertentu.
Istilah BIOS ini pertama kali muncul pada sistem operasi CP/M, sebagian dari dari CP/M diload ketika saat booting dan berhubungan dengan hardware. (Mesin CP/M biasanya memiliki boot loader sederhana di dalam ROM). Sebagian besar dari versi DOS memiliki suatu file yang bernama IBMBIO.COm atau IO.SYS yang bisa dikatakan sebagai analogi dari BIOS disk pada CP/M.
Istilah BIOS ini pertama kali muncul pada sistem operasi CP/M, sebagian dari dari CP/M diload ketika saat booting dan berhubungan dengan hardware. (Mesin CP/M biasanya memiliki boot loader sederhana di dalam ROM). Sebagian besar dari versi DOS memiliki suatu file yang bernama IBMBIO.COm atau IO.SYS yang bisa dikatakan sebagai analogi dari BIOS disk pada CP/M.
BAGIAN – BAGIAN SISTEM KOMPUTER
Sistem computer terdiri atas
perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software). Kedua perangkat
ini merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dalam system computer.
Perangkat keras ( hardware ) sebagian bagian dari system computer dibentuk oleh komponen –komponen tertentu, yakni
Perangkat keras ( hardware ) sebagian bagian dari system computer dibentuk oleh komponen –komponen tertentu, yakni
-Komponen
masukan ( input device ).
-
Komponen alat pemroses ( processing device),
-
Komponen alat keluaran ( output device ).
-
Dan komponen alat simpanan luar ( storage ).
Sistem operasi ( Operating System atau banyak ditulis dengan
OS ) merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan
aktifitas operasi computer. OS berfungsi sebagai pemimpin dalam sebuah
organisasi.
KOMPONEN-KOMPONEN
SISTEM KOMPUTER
sistem
komputer terdiri dari empat komponen, yaitu perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), data dan komponen komunikasi.
- Komponen
perangkat keras (hardware component)
Komponen
perangkat keras adalah sesuatu yang dapat disentuh, yang terdiri dari CPU,
memory, dan peralatan I/O.
CPU
terdiri dari :
Arithmatic
Logic Unit (ALU) : tujuannya untuk melakukan perhitungan.
Control
Unit (CU) : yaitu tujuannya mengontrol pemrosesan intruksi dan memindahkan data
dari satu bagian CPU ke bagian CPU lainnya.
Interface
Unit (Bus): memindahkan intruksi dan data antara CPU dan perangkat keras
lainnya
- Komponen
perangkat lunak (softare component)
Perangkat
lunak tersusun atas program yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh
komputer. Ada dua macam perangkat lunak, yaitu sistem software dan software
aplikasi. Sistem software berguna untuk mengatur file, me-load, dan
mengeksekusi program serta menerima perintah dari mouse dan keyboard. Sistem
software disebut juga sistem operasi (operating system), sedangkan software
aplikasi adalah software yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
Contoh software aplikasi adalah microsoft word, microsoft exel, microsoft power
point dan masih banyak lagi.
·
Kompoen data (data componen)
Data
adalah fakta dasar yang mewakili suatu kejadian, yang akan diproses oleh sistem
komputer untuk menghasilkan informasi. Data dapat berupa angka dalam berbagai
bentuk,
·
Komponen komunikasi (communication
component)
Komponen komunikasi terdiri dari hardware dan
software. Hardware dalam komponen komunikasi terdiri dari modem atau network
interface card (NIC) dan saluran komunikasi (communication channel). Saluran
komunikasi menyediakan hubungan antarkomputer. Saluran ini berupa wire cable,
fiber optic cable, saluran telpon atau wireless technology, seperti sinar
inframerah, telepon seluler atau radio, sedangkan modem atau NIC dalam komputer
bertindak sebagai interface antara komputer dan saluran komunikasi. Software
dalam komponen komunikasi digunakan supaya masing-masing komputer mengerti apa
yang diperintahkan oleh komputer yang saling berhungan. Software ini berguna
untuk membangun hubungan dan mengontrol aliran data.
PENGERTIAN INPUT DAN OUTPUT SYSTEM
COMPUTER
Input-Output System computer adalah suatu kode software yang
ditanam di dalam suatu sistem komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberi
informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan
juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware, seperti
untuk meload sistem operasi dari storage ke RAM. BIOS dapat disebut sebagai
miniatur dan suatu sistem operasi yang dikhususkan untuk komunikasi low-level
pada hardware. BIOS biasanya ditulis dalam bahasa assembly atau mesin yang mana
bahasa ini biasanya spesifik kepada suatu prosesor tertentu.
Istilah BIOS ini pertama kali muncul pada sistem operasi CP/M, sebagian dari dari CP/M diload ketika saat booting dan berhubungan dengan hardware. (Mesin CP/M biasanya memiliki boot loader sederhana di dalam ROM). Sebagian besar dari versi DOS memiliki suatu file yang bernama IBMBIO.COm atau IO.SYS yang bisa dikatakan sebagai analogi dari BIOS disk pada CP/M.
Istilah BIOS ini pertama kali muncul pada sistem operasi CP/M, sebagian dari dari CP/M diload ketika saat booting dan berhubungan dengan hardware. (Mesin CP/M biasanya memiliki boot loader sederhana di dalam ROM). Sebagian besar dari versi DOS memiliki suatu file yang bernama IBMBIO.COm atau IO.SYS yang bisa dikatakan sebagai analogi dari BIOS disk pada CP/M.
PERANGKAT INPUT/OUTPUT DAN CARA KERJANAYA
1.INPUT
Alat input
langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses,
sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik
(keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical
data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya
digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat
input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched
card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita
(tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data
ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih
lanjut.
·
Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di
ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di
patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada
tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama
disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan
jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu
pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Pada keyboard terdapat tombol-tombol
huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan karakter
khusus seperti : ‘ ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; ” ‘ \
|, tombol fungsi (F1 – F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah
seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52
tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard
sangat variatif..
Gambar 001
·
Mouse
Pada
dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat
digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam
mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang
mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali
gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang
satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Jika kita hanya menggerakkan
pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja
pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang
digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar
monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan
menjadi diagonal. Jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan
menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah
mouse yang kita gerakkan.
5
Pada sebagian besar mouse terdapat
tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol
paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di
kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita
tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai
area atau obyek yang tidak penting.
Kemudian dalam penggunaan mouse juga
kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita
menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah
satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek
lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung
pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan
komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut
dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.
Gambar 002
·
Scanner
Scanner
adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner
hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat
dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang
kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Cara kerja Scanner :
Ketika kamu menekan tombol mouse
untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
1.
Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada
mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses
pengiriman ke unit scanning.
2.
Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang
sesuai untuk langsung memulai scanning.
3.
Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah
mulai dilakukan.
4.
Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan
hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
5.
Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya
dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan
photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam
memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
1.
Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna
pada saat itu saja.
2.
Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna.
Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Gamabar
003
·
Kamera Digital
Salah
satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera.
Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data berupa gambar apa
saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar, ke dalam komputer kita. Digital
camera yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari
jenis camera untuk mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat
merekam gambar dinamis seperti video.
·
MIC(Microphone)
Kalau
camera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mic
digunakan hanya untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic tentu saja
memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu
sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
· Pen
Input
Pen
input merupakan jenis perangkat input yang berfungsi sebagai pengganti pena
untuk menulis maupun menggambar. Hal ini untuk memudahkan pekerjaan para
desainer grafik agar lebih mudah untuk menggambar di komputer daripada
menggunakan mouse. Biasanya terdapat alas sebagai media untuk menulis atau
menggambar.
2.OUTPUT
Output
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke
kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output
yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau
gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable
form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung
oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input
untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal
elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang
digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin
pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda,
sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Output bentuk pertama sifatnya
adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya
dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,
plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat
berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat
output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk
drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
· Printer dan Plotter
Printer dan plotter adalah jenis hard-copy
device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer
memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran
kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas
dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter.
· Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini
berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil
pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran
layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki
tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman
gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini
sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
· Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor.
Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya
saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran
singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya
memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang).
makasih gans
ReplyDeleteokeh gan
ReplyDelete