Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya.
1.2
Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat.
1.3
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Meniru perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan
percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada zaman Hindu Buddha
dan Islam dalam kehidupannya sekarang.
2.2
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu,
peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik.
2.3
Menunjukkan perilaku santun, toleran
dan peduli dalam melakukan interaksi
sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu
dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada zaman praaksara,
zaman Hindu Buddha dan zaman Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya,
pendidikan dan politik.
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan
politik dalam masyarakat.
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan
waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan
fikiran masyarakat Indonesia pada zaman praaksara, zaman Hindu Buddha dan
zaman Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih
hidup dalam masyarakat sekarang.
4.3 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.
4.4
Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan
masyarakat sekitar.
|
Mengetahui, Bakongan, Juli 2019
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPS
EVI SUNARTI, SS
H, AMINUDIN,SE
No comments:
Post a Comment