PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI
KELAS : XI
IPS
I.
Pilihlah satu jawaban yang benar !
1.
Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku
bangsa dengan unsur bahasa, kebudayaan, mata pencaharian, dan kepercayaan yang
beragam pula, keanekaragaman suku bangsa tersebut disebabkan oleh ....
a. Letak
yang stategis
b. Bentuk
geografis
c. Kondisi
iklim yang berbeda
d. Struktur
tanah yang berbeda
e. Pengaruh
kebudayaan asing
2.
Multikulturalisme menanamkan
pemahaman bahwa ....
a. Kebenaran
itu bukan milik satu orang atau kelompok saja, tetapi kebenaran itu ada
dimana-mana
b. Kebenaran
memang sifatnya jamak, tapi pada pelaksanaannya harus bersifat tunggal
c. Kebenaran
merupakan monopoli dari penguasa yang otoriter
d. Kebenaran
itu bisa berdiri sendiri tanpa didukung kerangka berfikir
e. Kebenaran
merupakan monopoli dari mayoritas tertentu disuatu daerah dan tempat
3.
Jika suatu sikap elah terbentuk dan
menjadi nilai dalam kehidupan seseorang, maka sikap tersebut akan
a. Berlangsung
sesaat
b. Bertahan
lama
c. Mudah
berubah
d. Diwujudkan
dalam perilaku
e. Ditularkan
kepada orang lain
4.
Citra yang kaku mengenai suatu
kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut adalah ....
a. Prasangka
b. Stereotipe
c. Perasaan
d. Dorongan
e. Motivasi
5.
Sudah puluhan tahun keluarga pak
slamet (suku jawa) merantau ke blitung,sulawesi utara. Selama berinteraksi
dengan lingkungan barunya, mereka masih memegang prinsip dan budaya
asalnya,perilaku pak slamet tersebut terikat oleh ....
a. Modernisasi
b. Chauvinisme
c. Etnosentrisme
d. Determinisme
e. Hedonisme
6.
Anggapan subjektif bahwa kelompoknya
lebih religius dibanding kelompok masyarakat lainnya merupakan perilaku
masyarakat multikultural ....
a. Ekstremisme
b. Nasionalisme
c. Etnosentrisme
d. Narzisme
e. Egoisme
7.
Munculnya rasa penghargaan terhadap
budaya lain sehingga muncul sikap toleransi merupakan syarat utama dari ....
a. Masyarakat
multikultural
b. Masyarakat
modern
c. Masyarakat
terbuka
d. Masyarakat
maju
e. Masyarakat
berdaulat
8.
Proses terbentuknya kerumunan (crowd)
bersifat....
a. Sementara
b. Permanen
c. Jangka
panjang
d. Kekal
e. Kasuistis
9.
Pada kelompok sekunder jumlah
anggotanya banyak sehingga....
a. Saling
mengenal
b. Tidak
saling mengenal
c. Saling
bertatap muka
d. Saling
mengisi kekurangan
e. Sifat
hubungannya cendrung permanen
10. Yang
termasuk contoh kerumunan adalah ....
a. Keluarga
batih
b. Keluarga
luas
c. Organisasi
masyarakat
d. Penonton
sepak bola
e. Masyarakat
kota
11. Kelompok
sosial yang menjadi ukuran bagi seseorang untuk membentuk pribadi dan perilaku
adalah ....
a. Kelompok
acuan
b. Kelompok
keanggotaan
c. Kerumunan
d. Publik
e. Massa
12. Kebiasaan
berbagi perasaan kepada sahabat atau orang dekat mengenai berbagai hal
menunjukkan bahwa manusia memiliki hasrat ....
a. Sosial
b. Bergaul
c. Memberitahukan
d. Meniru
e. Berjuang
13. Tindakan
memanfaatkan kelompok lain secara tidak wajar disebut ....
a. Akulturasi
b. Dominasi
c. Eksploitasi
d. Segregasi
e. Masyarakat
majemuk
14. Pendidikan
multikultural diarahkan untuk mewujudkan ....
a. Keseragaman
b. Kesesuaian
c. Toleransi
d. Pluralisme
e. Kebudayaan
bersama
15. Yang
bukan merupakan segi positif etnosentrisme adalah ....
a. Menjaga
keutuhan
b. Mempertahankan
kestabilan budaya
c. Mempertinggi
semangat patriotisme
d. Memperteguh
rasa cinta terhadap kelompok
e. Meretakkan
integrasi sosial
16. Primordialisme
dapat terjadi karena adanya sesuatu yang dianggap ....
a. Berbeda
b. Umum
c. Khusus
d. Khas
e. Istimewa
17. Kaum
perempuan dianggap lemah karena perbedaan fisiknya dengan laki-laki. Ini adalah
bentuk ....
a. Prasangka
b. Stereotipe
c. Diskriminasi
d. Rasisme
e. Seksisme
18. Pernyataan
berikut ini yang tidak tepat adalah ....
a. Sikap
dibawa sejak lahir
b. Sikap
selalu berhubungan dengan objek sikap
c. Sikap
dapat tertuju pada satu objek
d. Sikap
dapat berlangsung lama
e. Sikap
mengandung faktor perasaan
19. Evaluasi
negatif terhadap kelompok luar adalah ....
a. Prasangka
b. Stereotipe
c. Perasaan
d. Dorongan
e. Motivasi
20. Dalam
teori ... proses kognitif menjadi dasar dari timbulnya prsangka
a. Belajar
sosial
b. Motivasional
c. Kognitif
d. Konflik
e. Fungsional
21. Multikulturalisme
secara mendasar menekankan....kebudayaan
a. Kesederajatan
b. Keseragaman
c. Kesatuan
d. Kesesuaian
e. Kesalingtergantungan
22. Menurut
banton, akulturasi lebih sering terjadi antara kebudayaan dua masyarakat yang
posisinya relatif ...
a. Sama
b. Berbeda
c. Unik
d. Khas
e. Umum
23. Untuk
dapat melaksanakan pendidikan multikultural, seorang guru harus ....
a. Tertutup
dan kaku dalam mengelola keragaman siswa
b. Siap
menerima perbedaan, latar belakang, ras dan gender
c. Membedakan
siswa mayoritas dan minoritas
d. Tunduk
sepenuhnya pada kehendak kalangan mayoritas
e. Berorientasi
pada pengalaman masa lalu
24. Contoh
kelompok sekunder adalah ..
a. Keluarga
b. Kelompok
kekerabatan
c. Kelompok
persahabatan
d. Kelompok
e. pengajian
f.
Kelompok diskusi
25. Kelompok
primer ditandai dengan adanya hubungan yang ....
a. Erat
b. Renggang
c. Terbatas
d. Formal
e. Birokratis
26. Ikatan
lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu tertentu (yang pendek),bersifat
pamrih ekonomi atau bersifat kontraktual disebut.....
a. Paguyuban
b. Patembayan
c. Kelompok
primer
d. Kelompok
sekunder
e. Kelompok
formal
27. Kalau
kita memperhatikan masyarakat di sekitar kita, ada banyak sekali perbedaan yang
kita jumpai, perbedaan itu antara lain dalam agama, ras, etnis, pekerjaan, budaya, maupun jenis kelamin.
Perbedaan itu tidak dapat diklasifikasikan secara bertingkat/vertikal seperti
halnya pada tingkatan dalam lapisan ekonomi. Ciri yang mendasari terjadinya
diferensiasi sosial adalah
a. Pendidikan
b. Kekayaan
c. Keturunan
d. Kebiasaan
e. Budaya
28. Masyarakat
multikultural dapat diberi pengertian sebagai masyarakat yang ....
a. Terdiri
dua atau lebih kelompok atau golongan yang hidup sendiri-sendiri
b. Tinggal
menetap pada deerah-daerah yang terpisah satu dari yang lainnya
c. Terdiri dari
penduduk dalam jumlah besar dan padat
d. Memiliki
keunikan ciri, baik sosial maupun kultural
e. Ditandai
oleh adanya perbedaan diantara lpisan-lapisan sosial yang tajam
29. Karakteristik
masyarakat multikultur
Tersebut dibawah ini, kecuali .....
a. Terjadinya
segmentasi kedalam kelompok-kelompok
b. Sangat
mengembangkan konsensus diantara para anggotanya
c. Sering
terjadi konflik diantara kelompok
d. Integrasi
tumbuh diantara paksaan
e. Adanya
dominasi poitik oleh suatu kelompok
30. Kelompok
sosial kekerabatan dengan anggota yang banyak memiliki ikatan bathin secara
murni, tanpa pamrin dan bersifat alami. Berdasarkan ciri-cirinya kelompok sosial
tersebut adalah .....
a. Perhimpunan
b. Patembayan
c. Perkumpulan
d. Pagelaran
e. Paguyuban
31. Dede
adalah seorang guru SMA ternama, karena keteladanan dan prestasinya dalam
berorganisasi ia diangkat menjadi ketua PGRI dikotanya. Sekarang ia terpilih menjadi
anggota DPD mewakili daerahnya. Saluran mobiitas yang digunakan guru tersebut
adalah ....
a. Satuan
militer
b. Lembaga
keagamaan
c. Organisasi
ekonomi
d. Organisasi
profesi
e. Organisasi
politik
32. Pak amir
adalah guru yang berprestasi, tekun, dan menjadi teladan sehingga dia diangkat
menjadi kepala sekoah di daerahnya. Jenis mobilitas sosial yang dialami pak amir adalah ....
a. Antergenerasi
b. Intragenerasi
c. Vertikal
turun
d. Vertikal
naik
e. Horisontal
33. Banyak
lulusan dari sekolah favorit yang memilih fakultas kedokteran umum sebagai
kelanjutan studinya. Hal ini membuktikan bahwa profesi sebagai dokter sangat
didambakan. Lebih dari profesi lainnya. Perbedaan profesi menjadi tinggi-rendah
atau berjenjang karena berhubungan dengan ....
a. Prestise
atau perbedaan sosial
b. Sikap
terhadap perubahan sosial
c. Gaya
hidup dan sikap politis
d. Bidang
pengetahuan yang dikuasai
e. Penerimaan
terhadap kelompok/golongan lain
34. Berikut
ini adalah bentuk diferensiasi sosial, kecuali ....
a. Kekayaan
b. Ras
c. Etnik
d. Agama
e. Jenis
kelamin
35. Penjenjangan
masyarakat menjadi hubungan atasan dan bahawan atas dasar kekusaan, kekayaan
dan kehormatan disebut ....
a. Stratifikasi
sosial
b. Kelas
sosial
c. Hierarki
status
d. Mobilitas
sosial
e. Kekuasaan
36. Yang
tidak termasuk perpindahan yang menandai mobilitas sosial vertikal adalah ....
a. Antar
agama
b. Antar
kelas sosial
c. Antar
jabatan
d. Antar
status sosial
e. Antar
rezim penguasa
37. Data
yang ditujukan untuk memperoleh nformasi yang relevan dengan kebutuhan pemetaan
sosial, adalah ....
a. Data
primer
b. Data
sekunder
c. Tabulasi
data
d. Deskripsi
data
e. Analisis
data
38. Dalam
kelompok masyarakat yang relatif kecil penduduknya diwarnai oleh hubungan
pribadi yang informal dan akrab dibandingkan dengan kelompok yang lebih besar.
Hubungan itu disebut juga dengan relasi primer. Sedangkan hubungan yang
sifatnya formal dan tidak akrab disebut relasi sekunder. Pada kelompok relsi
primer umumnya masyarakat memiliki tingkat integrasi yang lebih tinggi
dibandingkan dengan kelompok relasi sekunder. Misalnya pada masyarakat pedesaan. Pernyataan diatas
dipengaruhi oleh faktor ....
a. Homogenitas
kelompok
b. Besar
kecilnya kelompok
c. Mobilitas
geografis
d. Efektivitas
komunikasi
e. Sosial
budaya
39. Perlakuan
berbeda yang ditujukan pada seseorang atau suatu kelompok karena memiliki ciri
tertentu, disebut....
a. Diskriminasi
b. Etnosentrisme
c. Prasangka
d. Stereotipe
e. Rasisme
40. Hubungan
antara dua kelompok atau lebih yang mempunyai ciri khusus, disebut....
a. Interaksi
group
b. Intergroup
c. Diskriminasi
d. Asimilasi
e. In group
II.
Jawablah
pertanyaan ini dengan baik dan benar !
1. Dalam masyarakat multikultural, memiliki sahabat dengan
latar belakang budaya bukan lagi merupakan hal yang harus dipermasalahkan,
melainkan suatu kewajaran. Tulislah 5 tips yang dapat diterapkan !
2. Menurut kalian, apa yang menjadi keunggulan etnis
cina dalam mengelola dan mengembangkan usahanya, bagaimanakah sikap yang
seharusnya ditunjukkan terhadap keunggulan tertentu yang dimiliki etnis lain!
No comments:
Post a Comment