Tuesday, 17 September 2019

SOAL UAS SEJARAH KELAS XI IPS THN 2018/2019


PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) II
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

                                                Mata Pelajaran             :  Sejarah
                                                Kelas/Program             :  XI - IPS
                                                Hari/Tanggal                : 
                                                Pukul                           : 
______________________________________________________________________________
A.     Pilihlah jawaban yang paling tepat dan benar!
1.      Masalah yang mempersulit pelaksanaan kebijakan ekonomi liberal di Indonesia adalah ...
A.    Adanya berbagai pemberontakan di Indonesia
B.     Keuangan negara Belanda mengalami defisit untuk biaya perang
C.     Masih kuatnya sistem feodal di Indonesia
D.    Perdagangan Belanda mulai mampu menyaingi Inggris
E.     Tidak sejalan dengan pemerintah pusat di negeri Belanda
2.      Sebelum melakukan perlawanan, Kapiten Pattimura masih menghargai kewibawaan pemerintah kolonial. Hal itu terbukti dengan ...
A.    Memberi kesempatan kepada pemerintah kolonial memberlakukan penyerahan wajib dan kerja wajib
B.     Mendukung tindakan pemerintah kolonial merekrut pemuda Maluku menjadi tentara Belanda
C.     Turut mengampanyekan penggunakan uang kertas sebagai pengganti uang logam
D.    Menyampaikan keluhan terlebih dahulu sebelum menempuh tindakan kekerasan
E.     Menyampaikan ultimatum terlebih dahulu sebelum mengadakan serangan
3.      Perang Padri diawali dengan perpecahan di kalangan rakyat Indonesia sendiri, yaitu ...
A.    Munculnya gerakan Wahabiah di Sumatera Barat
B.     Konflik antara Kaum Padri dan Kaum Adat
C.     Persaingan di antara pendukung gerakan Wahabiah
D.    Dukungan pemerintah kolonial terhadap Kaum Adat
E.     Dukungan pemerintah kolonial terhadap gerakan Wahabiah
4.      Dampak kesepakatan Belanda dan Inggris dalam Traktat Sumatera bagi Aceh adalah ...
A.    Aceh diizinkan menjalankan perdaganagn di Selat Malaka
B.     Kedaulatan Aceh terancam sehingga Aceh bersiap untuk perang
C.     Aceh bersekutu dengan Inggris melawan Belanda
D.    Kedaulatan Aceh tetap diakui oleh Inggris dan Belanda
E.     Aceh tetap merupakan kerajaan merdeka
5.      Usaha untuk menguasai seluruh kehidupan politik dari negara lain disebut ...
A.    Imperialisme ekonomi
B.     Imperialisme kebudayaan
C.     Imperialisme militer
D.    Imperialisme politik
E.     Imperialisme modern
6.      Persamaan Portugis dan Spanyol dalam hal ekspedisi mencari daerah produsen rempah-rempah adalah ...
A.    Keduanya merupakan persekutuan perdagangan swasta
B.     Setiap ekspedisi dipelopori oleh kerajaan
C.     Sama-sama menentang hasil perjanjian Tordesilas
D.    Bekerja sama menerapkan monopoli perdagangan rempah-rempah
E.     Bekerja sama dengan rakyat pribumi untuk mendapatkan rempah-rempah
7.      Tujuan kebijakan politik Raffles adalah ...
A.    Mempertahankan monopoli perdagangan rempah-rempah
B.     Mengakui kemerdekaan sejumlah kerajaan di Indonesia
C.     Menciptakan kebebasan dan menegakkan hukum
D.    Memberantas korupsi dalam organisasi pemerintahan
E.     Mengangkat derajat rakyat Indonesia
8.      Alasan kaum humanis menentang sistem tanam paksa adalah ...
A.    Rakyat Indonesia bukan sebagai pelaku ekonomi
B.     Menindas kebebasan para pengusa pribumi
C.     Sangat bertentangan dengan prinsip monopoli perdagangan
D.    Bertentangan dengan etika dan kemanusiaan
E.     Golongan humanis tidak diikutsertakan dalam pengelolaannya
9.      Tokoh Portugis yang berhasil menaklukan Malaka adalah ...
A.    Christopher Columbus
B.     Vasco da Gama
C.     Ferdinand de Magellan
D.    Alfonso d’Albuquerque
E.     Cornelis de Houtman
10.  Jalur kereta api yang dibangun pertama kali di Indonesia menghubungkan kota ...
A.    Surabaya-Malang
B.     Jakarta-Bogor
C.     Semarang-Yogyakarta
D.    Semarang-Surabaya
E.     Yogyakarta-Surabaya
11.  Terbentuknya Perserikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia menandai  ...
A.    Gerakan perempuan meruntuhkan doninasi kaum pria
B.     Langkah perempuan Indonesia memasuki dunia politik
C.     Masuknya perempuan menjadia anggota Volksraad
D.    Terbentuknya organisasi perempuan yang memperjuangkan poligami
E.     Terbentuknya organisasi perempuan yang anti poligami
12.  Pertambangan minyak bumi di Sumatera Selatan pada masa pemerintah kolonial Belanda  terdapat di daerah ...
A.    Bunyu dan Tarakan
B.     Plaju dan Sungai Gerong
C.     Plaju dan Tarakan
D.    Bangka dan Belitung
E.     Ombilin dan Singkep
13.  Penyimpangan dalam pelaksanaan sistem tanam paksa telah menguntungkan sebagian penguasa pribumi. Alasannya ...
A.    Mereka tetap menanam tanaman padi dan palawija
B.     Mereka dapat menarik setoran tanaman wajib melebihi ketentuan demi imbalan
C.     Kehidupan mereka menjadi tanggungan pemerintah kolonial
D.    Mereka menolak pemberlakuan sistem tanam paksa
E.     Sebagian dari penyerahan wajib menjadi milik penguasa pribumi
14.  Pemberlakuan Undang-Undang Agraria Tahun 1870 dilatarbelakangi oleh ...
A.    Kemenangan kelompok konsevatif di Staten General
B.     Kelompok liberal mencapai kemenangan politik
C.     Keprihatinan akan kesengsaraan rakyat Indonesia
D.    Banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk memadamkan pemberontakan
E.     Memudahkan pemerintah untuk mengamnbil lahan petani
15.  Organisasi perempuan pertama yang berdiri di Indonesia adalah ...
A.    Kartini Fonds
B.     Kautamaan Istri
C.     Aisyiyah
D.    Putri Mardika
E.     Kerajinan Amai Setia
16.  Munculnya politik etis dilatarbelakangi oleh ketidakadilan yang berupa ...
A.    Kemakmuran Belanda hanya dinikmati oleh kalangn tertentu saja
B.     Sekelompok rakyat jajahan mengalami penindasan
C.     Tindakan sewenang-wenang pemerintah kolonial Belanda terhadap rakyat jawa
D.    Kemakmuran Belanda tidak diimbangi dengan kesejahteraan wilayah jajahan
E.     Keuntungan perdagangan hanya dinikmati oleh kalangan pengusaha swasta
17.  Sekolah dasar untuk anak bumiputra kalangan menengah ...
A.    Hollands Inlandsche School atau HIS
B.     Meer Uitgebried Lagere Onderwijs atau MULO
C.     Algemene Middlebare School atau AMS
D.    Hogere Burger School atau HBS
E.     Europese Lagere School atau ELS
18.  Tokoh yang mengatakan bahwa nasionalisme merupakan sekelompok manusia yang memiliki keinginan untuk hidup bersatu adalah ...
A.    Ernest Renan
B.     Lothrop Stoddard
C.     John Locke
D.    Montesquieu
E.     Adam Smith
19.  Pelopor dan tokoh sosialisme Inggris adalah ...
A.    John Locke
B.     Ernest Renan
C.     Adam Smith
D.    Montesquieu
E.     Robert Owen
20.  Salah satu golongan yang berperan dalam pembentukan kesadaran nasional adalah ...
A.    Nelayan
B.     Petani
C.     Buruh
D.    Pedagang
E.     Pegawai
21.  Tokoh yang mengemukakan gagasan tentang  PanIslamisme adalah ...
A.    Ernest Renan
B.     Jamaluddin al-Afghani
C.     John Locke
D.    Adam smith
E.     Robert Owen
22.  Salah satu kendala perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah ...
A.    Tidak semua kalangan masyarakat Indonesia mau merdeka
B.     Kekuatan senjata berada jauh dibawah kekuatan militer Belanda
C.     Kesadaran sebagai suatu bangsa mulai muncul
D.    Belum tersedianya modal yang cukup untuk merdeka
E.     Sebagian besar rakyat Indonesia belum siap untuk merdeka
23.  Tolak ukur yang menentukan Budi Utomo bukan organisasi politik adalah ...
A.    Mempunyai tujuan Indonesia merdeka
B.     Menggalang massa untuk menjatuhkan pemerintah kolonial Belanda
C.     Memusatkan diri pada kegiatan di bidang sosial dan budaya
D.    Belum mempunyai gambaran tentang Indonesia merdeka
E.     Menolak Ordonansi Sekolah Liar
24.  Ciri nasionalis dalam Indische Partij adalah ...
A.    Tekad Indische Partij menggulingkan pemeritah kolonial secepat mungkin
B.     Keterbukaan Indische Partij terhadap semua kalngan dan golongan
C.     Didirikan oleh orang-orang yang telah belajar nasionalisme
D.    Tokoh-tokohnya pernah belajar di luara negeri
E.     Didirikan oleh orang-orang Indonesia asli
25.  Tokoh Sarekat Islam yang berhasil dipengaruhi oleh Sneevliet sehingga berideologi komunis adalah ...
A.    H.O.S. Cokrominoto
B.     Semaun
C.     Muhammad Yamin
D.    Sartono
E.     Iwa Kusumasumantri
26.  Golongan profesional dalm pergerakan nasional Indonesia adalah ...
A.    Guru
B.     Nelayan
C.     Pegawai
D.    Buruh
E.     Petani
27.  Ciri khas gerakan bawah tanah yang berbeda dari perjuangan melalui organisasi bentukan Jepang adalah ...
A.    Lebih berhasil membina semangat nasionalisme di kalangan rakyat
B.     Mampu mengumpulkan massa lebih besar untuk kaderisasi
C.     Memiliki program persiapan kemerdekaan yang terarah
D.    Mempunyai sikap radikal dan tidak mengenal kompromi dengan Jepang
E.     Mampu bekerja sama dengan pihak Jepang
28.  Ciri khas eksploitasi sumber daya alam semasa pendudukan Jepang adalah ...
A.    Diabdikan pada kepentingan perang
B.     Digunakan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia
C.     Dimiliki bersam oleh rakyat Indonesia dan prajurit Jepang
D.    Hak milik tanah diambil alih Jepang
E.     Penduduk hanya diperbolehkan menanam tanaman ekspor
29.  Tindakan Jepang untuk menarik minat rakyat Indonesia menjadi romusha adalah ...
A.    Diberikan gaji yang tinggi
B.     Menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia kelak dikemudian hari
C.     Menyebut diri sebagai saudara tua bangsa Indonesia
D.    Melancarkan kampanye Gerakan 3A
E.     Memprogandakan romusha sebagai pahlawan pekerja
30.  Pembentukan Seinendan, Heiho, dan PETA dilatarbelakangi oleh keadaan ...
A.    Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya peran militer
B.     Semakin berkurangnya jumlah prajurit Jepang
C.     Terdesaknya Jepang dalam knacah Perang Asia Timur Raya
D.    Ancaman serangan Belnda ke Pulau Jawa
E.     Mempersiapkan tentara Indonesia jika kelak merdeka
31.  Meskipun bentukan Jepang, Putera berperan dalam menggalang nasionalisme Indonesia. Alasannya adalah ...
A.    Putera terdiri atas tokoh nasionalis
B.     Tokoh Putera menyiapakan rakyat Indonesia menyambut kemerdekaan
C.     Jepang membentuk Putera untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia
D.    Pemimpin Putera menggalang perasaan antiJepang
E.     Putera berperan sebagai corong pemerintah pendudukan Jepang
32.  Perlawanan rakyat Siangaparna melawan Jepang dipimpin oleh ...
A.    Supriyadi
B.     Gatot Mangkupraja
C.     Amir Syarifuddin
D.    Tengku Abdul Jalil
E.     K.H. Zainal Mustafa
33.  Salah satu dampak positif pendudukan Jepang di Indonesia adalah ...
A.    Terjadinya perkembangan bahasa Jepang yang pesat
B.     Digunakannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam pemerintahan dan sekolah
C.     Banyaknya masyarakat pekerja yang bernama romusha
D.    Banyaknya anggota Heiho yang ditugaskan ke luar negeri sehingga mereka mempunyai pengalaman tempur
E.     Terjadinya pengurangan penduduk dalam jumlah besar di berbagai daerah
34.  Organisasi bentukan Jepang bagi kaum perempuan adalah ...
A.    Heiho
B.     Fujinkai
C.     Bogodan
D.    Seinendan
E.     Giyugun
35.  Organisasi yang dibentuk oleh penduduk Jepang sebagai tenaga pembantu polisi adalah ...
A.    Seinendan
B.     Keibodan
C.     Fujinkai
D.    Heiho
E.     Giyugun

B.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan benar!
1.      Sebutkah latar belakang terjadinya Revolusi Amerika!
2.      Jelaskan hubungan terjadinya Revolusi Amerika terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia!
3.      Sebutkan latar belakang terjadinya Revolusi Prancis!
4.      Jelaskan hubungan terjadinya Revolusi Prancis terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia!
5.      Tunjukkan hubungan antara Revolusi Industri dengan imperialisme modern!











No comments:

Post a Comment