PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) II
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Program :
XI - IPS
Hari/Tanggal :
Pukul
:
______________________________________________________________________________
A.
Pilihlah jawaban
yang paling tepat dan benar!
1. Masalah yang
mempersulit pelaksanaan kebijakan ekonomi liberal di Indonesia adalah ...
A.
Adanya berbagai pemberontakan di Indonesia
B.
Keuangan negara Belanda mengalami defisit untuk biaya
perang
C.
Masih kuatnya sistem feodal di Indonesia
D.
Perdagangan Belanda mulai mampu menyaingi Inggris
E.
Tidak sejalan dengan pemerintah pusat di negeri Belanda
2. Sebelum melakukan
perlawanan, Kapiten Pattimura masih menghargai kewibawaan pemerintah kolonial.
Hal itu terbukti dengan ...
A.
Memberi kesempatan kepada pemerintah kolonial
memberlakukan penyerahan wajib dan kerja wajib
B.
Mendukung tindakan pemerintah kolonial merekrut pemuda
Maluku menjadi tentara Belanda
C.
Turut mengampanyekan penggunakan uang kertas sebagai
pengganti uang logam
D.
Menyampaikan keluhan terlebih dahulu sebelum menempuh
tindakan kekerasan
E.
Menyampaikan ultimatum terlebih dahulu sebelum mengadakan
serangan
3. Perang Padri
diawali dengan perpecahan di kalangan rakyat Indonesia sendiri, yaitu ...
A.
Munculnya gerakan Wahabiah di Sumatera Barat
B.
Konflik antara Kaum Padri dan Kaum Adat
C.
Persaingan di antara pendukung gerakan Wahabiah
D.
Dukungan pemerintah kolonial terhadap Kaum Adat
E.
Dukungan pemerintah kolonial terhadap gerakan Wahabiah
4. Dampak kesepakatan
Belanda dan Inggris dalam Traktat Sumatera bagi Aceh adalah ...
A.
Aceh diizinkan menjalankan perdaganagn di Selat Malaka
B.
Kedaulatan Aceh terancam sehingga Aceh bersiap untuk
perang
C.
Aceh bersekutu dengan Inggris melawan Belanda
D.
Kedaulatan Aceh tetap diakui oleh Inggris dan Belanda
E.
Aceh tetap merupakan kerajaan merdeka
5. Usaha untuk
menguasai seluruh kehidupan politik dari negara lain disebut ...
A.
Imperialisme ekonomi
B.
Imperialisme kebudayaan
C.
Imperialisme militer
D.
Imperialisme politik
E.
Imperialisme modern
6. Persamaan Portugis
dan Spanyol dalam hal ekspedisi mencari daerah produsen rempah-rempah adalah
...
A.
Keduanya merupakan persekutuan perdagangan swasta
B.
Setiap ekspedisi dipelopori oleh kerajaan
C.
Sama-sama menentang hasil perjanjian Tordesilas
D.
Bekerja sama menerapkan monopoli perdagangan rempah-rempah
E.
Bekerja sama dengan rakyat pribumi untuk mendapatkan
rempah-rempah
7. Tujuan kebijakan
politik Raffles adalah ...
A.
Mempertahankan monopoli perdagangan rempah-rempah
B.
Mengakui kemerdekaan sejumlah kerajaan di Indonesia
C.
Menciptakan kebebasan dan menegakkan hukum
D.
Memberantas korupsi dalam organisasi pemerintahan
E.
Mengangkat derajat rakyat Indonesia
8. Alasan kaum humanis
menentang sistem tanam paksa adalah ...
A.
Rakyat Indonesia bukan sebagai pelaku ekonomi
B.
Menindas kebebasan para pengusa pribumi
C.
Sangat bertentangan dengan prinsip monopoli perdagangan
D.
Bertentangan dengan etika dan kemanusiaan
E.
Golongan humanis tidak diikutsertakan dalam
pengelolaannya
9. Tokoh Portugis yang
berhasil menaklukan Malaka adalah ...
A.
Christopher Columbus
B.
Vasco da Gama
C.
Ferdinand de Magellan
D.
Alfonso d’Albuquerque
E.
Cornelis de Houtman
10. Jalur kereta api
yang dibangun pertama kali di Indonesia menghubungkan kota ...
A.
Surabaya-Malang
B.
Jakarta-Bogor
C.
Semarang-Yogyakarta
D.
Semarang-Surabaya
E.
Yogyakarta-Surabaya
11. Terbentuknya
Perserikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia menandai ...
A.
Gerakan perempuan meruntuhkan doninasi kaum pria
B.
Langkah perempuan Indonesia memasuki dunia politik
C.
Masuknya perempuan menjadia anggota Volksraad
D.
Terbentuknya organisasi perempuan yang memperjuangkan
poligami
E.
Terbentuknya organisasi perempuan yang anti poligami
12. Pertambangan minyak
bumi di Sumatera Selatan pada masa pemerintah kolonial Belanda terdapat di daerah ...
A.
Bunyu dan Tarakan
B.
Plaju dan Sungai Gerong
C.
Plaju dan Tarakan
D.
Bangka dan Belitung
E.
Ombilin dan Singkep
13. Penyimpangan dalam
pelaksanaan sistem tanam paksa telah menguntungkan sebagian penguasa pribumi.
Alasannya ...
A.
Mereka tetap menanam tanaman padi dan palawija
B.
Mereka dapat menarik setoran tanaman wajib melebihi
ketentuan demi imbalan
C.
Kehidupan mereka menjadi tanggungan pemerintah kolonial
D.
Mereka menolak pemberlakuan sistem tanam paksa
E.
Sebagian dari penyerahan wajib menjadi milik penguasa
pribumi
14. Pemberlakuan
Undang-Undang Agraria Tahun 1870 dilatarbelakangi oleh ...
A.
Kemenangan kelompok konsevatif di Staten General
B.
Kelompok liberal mencapai kemenangan politik
C.
Keprihatinan akan kesengsaraan rakyat Indonesia
D.
Banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk memadamkan
pemberontakan
E.
Memudahkan pemerintah untuk mengamnbil lahan petani
15. Organisasi
perempuan pertama yang berdiri di Indonesia adalah ...
A.
Kartini Fonds
B.
Kautamaan Istri
C.
Aisyiyah
D.
Putri Mardika
E.
Kerajinan Amai Setia
16. Munculnya politik
etis dilatarbelakangi oleh ketidakadilan yang berupa ...
A.
Kemakmuran Belanda hanya dinikmati oleh kalangn tertentu
saja
B.
Sekelompok rakyat jajahan mengalami penindasan
C.
Tindakan sewenang-wenang pemerintah kolonial Belanda
terhadap rakyat jawa
D.
Kemakmuran Belanda tidak diimbangi dengan kesejahteraan
wilayah jajahan
E.
Keuntungan perdagangan hanya dinikmati oleh kalangan
pengusaha swasta
17. Sekolah dasar untuk
anak bumiputra kalangan menengah ...
A.
Hollands Inlandsche School atau HIS
B.
Meer Uitgebried Lagere
Onderwijs atau MULO
C.
Algemene Middlebare School atau AMS
D.
Hogere Burger School atau HBS
E.
Europese Lagere School atau ELS
18. Tokoh yang
mengatakan bahwa nasionalisme merupakan sekelompok manusia yang memiliki
keinginan untuk hidup bersatu adalah ...
A.
Ernest Renan
B.
Lothrop Stoddard
C.
John Locke
D.
Montesquieu
E.
Adam Smith
19. Pelopor dan tokoh
sosialisme Inggris adalah ...
A.
John Locke
B.
Ernest Renan
C.
Adam Smith
D.
Montesquieu
E.
Robert Owen
20. Salah satu golongan
yang berperan dalam pembentukan kesadaran nasional adalah ...
A.
Nelayan
B.
Petani
C.
Buruh
D.
Pedagang
E.
Pegawai
21. Tokoh yang
mengemukakan gagasan tentang
PanIslamisme adalah ...
A.
Ernest Renan
B.
Jamaluddin al-Afghani
C.
John Locke
D.
Adam smith
E.
Robert Owen
22. Salah satu kendala
perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah ...
A.
Tidak semua kalangan masyarakat Indonesia mau merdeka
B.
Kekuatan senjata berada jauh dibawah kekuatan militer
Belanda
C.
Kesadaran sebagai suatu bangsa mulai muncul
D.
Belum tersedianya modal yang cukup untuk merdeka
E.
Sebagian besar rakyat Indonesia belum siap untuk merdeka
23. Tolak ukur yang
menentukan Budi Utomo bukan organisasi politik adalah ...
A.
Mempunyai tujuan Indonesia merdeka
B.
Menggalang massa untuk menjatuhkan pemerintah kolonial
Belanda
C.
Memusatkan diri pada kegiatan di bidang sosial dan budaya
D.
Belum mempunyai gambaran tentang Indonesia merdeka
E.
Menolak Ordonansi Sekolah Liar
24. Ciri nasionalis
dalam Indische Partij adalah ...
A.
Tekad Indische Partij menggulingkan pemeritah kolonial
secepat mungkin
B.
Keterbukaan Indische Partij terhadap semua kalngan dan
golongan
C.
Didirikan oleh orang-orang yang telah belajar
nasionalisme
D.
Tokoh-tokohnya pernah belajar di luara negeri
E.
Didirikan oleh orang-orang Indonesia asli
25. Tokoh Sarekat Islam
yang berhasil dipengaruhi oleh Sneevliet sehingga berideologi komunis adalah
...
A.
H.O.S. Cokrominoto
B.
Semaun
C.
Muhammad Yamin
D.
Sartono
E.
Iwa Kusumasumantri
26. Golongan
profesional dalm pergerakan nasional Indonesia adalah ...
A.
Guru
B.
Nelayan
C.
Pegawai
D.
Buruh
E.
Petani
27. Ciri khas gerakan
bawah tanah yang berbeda dari perjuangan melalui organisasi bentukan Jepang
adalah ...
A.
Lebih berhasil membina semangat nasionalisme di kalangan
rakyat
B.
Mampu mengumpulkan massa lebih besar untuk kaderisasi
C.
Memiliki program persiapan kemerdekaan yang terarah
D.
Mempunyai sikap radikal dan tidak mengenal kompromi
dengan Jepang
E.
Mampu bekerja sama dengan pihak Jepang
28. Ciri khas
eksploitasi sumber daya alam semasa pendudukan Jepang adalah ...
A.
Diabdikan pada kepentingan perang
B.
Digunakan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia
C.
Dimiliki bersam oleh rakyat Indonesia dan prajurit Jepang
D.
Hak milik tanah diambil alih Jepang
E.
Penduduk hanya diperbolehkan menanam tanaman ekspor
29. Tindakan Jepang
untuk menarik minat rakyat Indonesia menjadi romusha adalah ...
A.
Diberikan gaji yang tinggi
B.
Menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia kelak dikemudian
hari
C.
Menyebut diri sebagai saudara tua bangsa Indonesia
D.
Melancarkan kampanye Gerakan 3A
E.
Memprogandakan romusha sebagai pahlawan pekerja
30. Pembentukan
Seinendan, Heiho, dan PETA dilatarbelakangi oleh keadaan ...
A.
Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya peran
militer
B.
Semakin berkurangnya jumlah prajurit Jepang
C.
Terdesaknya Jepang dalam knacah Perang Asia Timur Raya
D.
Ancaman serangan Belnda ke Pulau Jawa
E.
Mempersiapkan tentara Indonesia jika kelak merdeka
31. Meskipun bentukan
Jepang, Putera berperan dalam menggalang nasionalisme Indonesia. Alasannya
adalah ...
A.
Putera terdiri atas tokoh nasionalis
B.
Tokoh Putera menyiapakan rakyat Indonesia menyambut
kemerdekaan
C.
Jepang membentuk Putera untuk menyiapkan kemerdekaan
Indonesia
D.
Pemimpin Putera menggalang perasaan antiJepang
E.
Putera berperan sebagai corong pemerintah pendudukan
Jepang
32. Perlawanan rakyat
Siangaparna melawan Jepang dipimpin oleh ...
A.
Supriyadi
B.
Gatot Mangkupraja
C.
Amir Syarifuddin
D.
Tengku Abdul Jalil
E.
K.H. Zainal Mustafa
33. Salah satu dampak
positif pendudukan Jepang di Indonesia adalah ...
A.
Terjadinya perkembangan bahasa Jepang yang pesat
B.
Digunakannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam
pemerintahan dan sekolah
C.
Banyaknya masyarakat pekerja yang bernama romusha
D.
Banyaknya anggota Heiho yang ditugaskan ke luar negeri
sehingga mereka mempunyai pengalaman tempur
E.
Terjadinya pengurangan penduduk dalam jumlah besar di
berbagai daerah
34. Organisasi bentukan
Jepang bagi kaum perempuan adalah ...
A.
Heiho
B.
Fujinkai
C.
Bogodan
D.
Seinendan
E.
Giyugun
35. Organisasi yang
dibentuk oleh penduduk Jepang sebagai tenaga pembantu polisi adalah ...
A.
Seinendan
B.
Keibodan
C.
Fujinkai
D.
Heiho
E.
Giyugun
B.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan singkat dan
benar!
1.
Sebutkah latar belakang terjadinya Revolusi Amerika!
2. Jelaskan hubungan
terjadinya Revolusi Amerika terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia!
3. Sebutkan latar
belakang terjadinya Revolusi Prancis!
4. Jelaskan hubungan
terjadinya Revolusi Prancis terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia!
5. Tunjukkan hubungan
antara Revolusi Industri dengan imperialisme modern!
No comments:
Post a Comment