UJIAN AKHIR MADRASAH
Tahun Pelajaran 2018 / 2019
Mata
Pelajaran : Al-Qur’an Kelas : XII (dua belas)
Hari/Tanggal : Waktu :
Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e sesuai dengan jawaban yang
paling tepat!
1.
Wahyu yang terhimpun dalam Al-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad
SAW melalui . . . .
a.
Malaikat Isrofil d. Malaikat Rokib
b.
Malaikat Izroil e. Malaikat Malik
c.
Malaikat Jibril
2.
Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali di . . . .
a.
Padang Arafah d. Gua Tsur
b.
Jabal Nur e. Jabal Rahmah
c.
Gua Hira
3.
Wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Rasullah SAW, yaitu . . . .
a.
QS. Al-Baqarah 1-5
b.
QS. Al-A’la 1-5
c.
QS. Al-‘Alaq 1-5
d.
QS. Al-Fatihah 1-5
e.
QS. Al-Ikhlas 1-5
4.
Menjadi petunjuk, pedoman, dan rahmat bagi orang-orang yang meyakininya,
merupakan maksud diturunkannya . . . .
a. Malaikat d. Manusia
b. Setan e. Al-Qur’an
c. Al-Hadits
5.
Tanda seorang yang mencintai Al-Qur’an dan Hadits adalah . . . .
a.
suka membaca dan menulisnya
b.
suka membaca, mengamalkan dan menulisnya
c.
gemar mengaji dan bertadarrus
d.
selalu membawa Al-Qur’an
e.
suka membaca, memahami arti dan maksud, serta mengamalkannya
6.
Ilmu yang mempelajari tentang tata cara membaca Al-Qur’an yang baik dan
benar disebut ilmu . . . .
a.
tauhid d.
tajwid
b.
tafsir e. hadits
c.
tasawuf
7.
Hukum bacaan mim sukun yang bertemu dengan huruf hijaiyyah terbagi menjadi
. . . .
a.
enam d. tiga
b.
dua e. lima
c.
empat
8.
Pengertian dari syafawi adalah . . . .
a.
tenggorokan d. pangkal hidung
b.
bibir e.
rongga mulut
c.
lidah
9.
Di bawah ini contoh bacaan idgham mimi adalah . . . .
a.
وَمَنْ لَمْ d. لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
b.
اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ e. اِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ
c.
عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌ
10.
فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْل lafazh yang bergaris bawah merupakan bacaan
. . . .
a.
idgham mimi d. ikhfa
b.
izhar syafawi e. ikhfa syafawi
c.
izhar halqi
11.
لَمْ يَكُنِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْامِنْ اَهْلِ الْكِتَابِ ra pada lafazh كَفَرُوْا harus dibaca . . . .
a.
tarqiq d. dengung
b.
tafkhim e. tasydid
c.
jawazul wajhain
12.
Lafazh di bawah ini adalah Ra’ yang harus dibaca tipis yaitu . . . .
a.
اِلَّايَسِيْرًا d. قُلْ اَرَاَيْتُمْ
b.
فَلَمَّارَاَوْهُ e. يَغْفِرْلَكُمْ
c.
نَذِيْرٌمُّبِيْن
13.
Huruf-huruf di bawah ini termasuk huruf isti’la kecuali . . . .
a.
ظ d.
س
b.
خ e. ص
c.
ط
14.
Qalqalah menurut bahasa artinya . . . .
a.
memanjang d. dengung
b.
tebal e. berhenti
c.
memantul
15.
Contoh bacaan Qalqalah sughra yang benar adalah . . . .
a.
لَاتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ d. مَاخَلَقَ
b.
اَجْرُهُمْ e. في الصدور
c.
الله الصمد
16.
Apabila huruf Ra berharakat sukun atau waqaf dan didahului fathah atau dhammah,
maka hukum bacaannya adalah . . . .
a.
jawazul wajhain d. tarqiq
b.
kubra e. sughra
c.
tafkhim
17.
Berikut ini adalah contoh bacaan tafkhim, kecuali . . . .
a.
رَحْمَةُ الله d. الرَّحِيْم
b.
مِنْ شَرِّ e.
كَفَرُوْا
c.
فِى الْاَرْضِ
18.
Huruf Ra’ bisa dibaca tipis maupun tebal, dalam ilmu tajwid disebut hukum
bacaan . . . .
a.
muraqabah d. tafkhim
b.
jawazul wajhain e. mudhorobah
c.
tarqiq
19.
Berikut ini yang termasuk pernyataan yang benar, kecuali . . . .
a.
Ra berharakat kasrah dibaca tafkhim
b.
Ra berharakat sukun dan huruf sebelumnya berharakat fathah atau dhammah
dibaca tafkhim
c.
Ra berharakat fathah dibaca tafkhim
d.
Tafkhim menurut bahasa artinya tebal
e.
Ra didahului ya sukun dan dibaca waqaf dibaca tarqiq
20.
Diantara huruf hijaiyyah yang termasuk huruf qalqalah adalah . . . .
a.
ق ط ب ج د d. ا ت خ ذ ر
b.
ث ب ط ر د e.
ب ج د ل م
c.
ذ ن ل ق ب
21.
كَلَّآ اِنَّ الْاِنْسَانَ
lafazh tersebut termasuk hukum bacaan . . . .
a.
mad lazim mukhaffaf harfi
b.
mad lazim mutsaqqal harfi
c.
mad thabi’i
d.
mad wajib muttashil
e.
mad jaiz munfashil
22.
Berikut ini termasuk kelompok huruf mad lazim harfi musyba’ ialah . . . .
a.
ي ن ح ط d. ن ب و غ
b.
ق س ك ل e.
ع ن م ت
c.
س ر ب ح
23.
Berikut ini adalah contoh-contoh bacaan mad lazim harfi musyba’, kecuali .
. . .
a.
نٓ d. قٓ
b.
عسق e. صٓ
c.
طه
24.
كٓـهٰيٰعٓصٓ
huruf ه dan ص
panjang bacaannya . . . .
a. 6 dan 2 harakat
b. 2½ alif dan 6 harakat
c. 2 dan 4 harakat
d. 2 dan 6 harakat
e. 4 dan 6 harakat
25.
Lafazh yang termasuk fawatihussuwar adalah . . . .
a.
ذٰلِكَ الْكِتَاب d. المص
b.
يَٓاَيُّهَا النَّبِيُّ e. هُدًى لِّلْمُتَّقِيْن
c.
لَارَيْبَ فِيْهِ
26.
وَتَوَاصَوْابِالْحَقِّ
terjemahan dari potongan ayat tersebut adalah . . . .
a.
saling mengajak kepada hal-hal yang hak
b.
dan mengerjakan amal saleh
c.
saling tolong menolong dalam kebaikan
d.
dan saling nasihat menasehati dalam kebenaran
e.
dan saling menasehati dalam kesabaran
27.
Berikut ini adalah perilaku orang yang menuntut ilmu, kecuali . . . .
a.
belajar di sekolah maupun di luar sekolah
b.
mendatangi majlis ilmu
c.
membaca buku di perpustakaan
d.
jajan yang banyak
e.
tidur pada waktu belajar
28.
Jumlah surah dalam Al-Qur’an adalah . . . .
a.
141 surat d. 104 surat
b.
114 surat e.
134 surat
c.
124 surat
29.
لَهٓ اِخْوَةٌ
adalah contoh bacaan . . . .
a.
mad badal
b.
mad jaiz munfashil
c.
mad ‘iwadh
d.
mad shilah qashirah
e.
mad shilah thawilah
30.
فِيْهَاكُتُبٌ قَيِّمَةٌ
ayat tersebut merupakan QS. Al-Bayyinah ayat ke . . . .
a.
dua d.
tiga
b.
empat e. lima
c.
enam
31.
Mad shilah thawilah terjadi apabila ada mad shilah qashirah bertemu dengan
. . . .
a.
Huruf berharakat sukun
b.
Ha dhamir
c.
Hamzah
d.
Ya’
e.
Tanda tasydid
32.
وَلَآ اَنَاعَابِدٌمَاعَبَدْتُمْ
adalah surat Al-Kafirun ayat ke . . . .
a.
lima d. tujuh
b.
enam e.
delapan
c.
sembilan
33.
Orang yang beriman dalam beramal dan beribadah senantiasa hanya
mengharapkan . . . .
a.
balasan yang sama
b.
syurga
c.
ridha dari Allah SWT
d.
pujian dan hadiah
e.
keuntungan dunia
34.
Bertemunya dua huruf ya’ dalam satu kata, ya’ yang pertama berharakat
kasroh dan bertasydid sedangkan ya’ kedua sukun, disebut . . . .
a.
mad tiwadl d. mad badal
b.
mad farqi e. mad ashli
c.
mad tamkin
35.
Berhenti mendadak karena terpaksa, disebut . . . .
a.
waqaf ikhtiyari d.
waqaf intizhari
b.
waqaf idl-thirari e. waqaf ikhtibari
c.
waqaf taam
A.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan pengertian mad menurut bahasa dan sebutkan huruf-hurufnya!
2.
Jelaskan pengertian mad jaiz munfashil!
3.
Tuliskan 3 contoh bacaan idgham bighunnah!
4.
Jelaskan pengertian mad lin!
5.
Sebutkan hukum bacaan pada ayat yang bergaris bawah berikut!
ثُمَّ ارجِعِ
الْبَصَركَرَّتَيْنِ يَنْقَلِبْ اِلَيْكَ الْبَصَرُ
١ ٢ ٣
خَاسِئًاوَّهُوَحَسِيْرٌ
٤ ٥
No comments:
Post a Comment