PROGRAM SEMESTER
|
|
TAHUN PELAJARAN ......................
|
|
Nama Sekolah
|
:.......................................
|
Kelas/Semester
|
: ......................................
|
Mata Pelajaran
|
: Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
|
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
Semester
Ganjil 2014 / 2015
|
|||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia
dan lingkungannya
2.1
Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, aman, dan
percaya diri sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan
Islam dalam kehidupan sekarang
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan
waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik)
1.3 Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
|
1. Menjelaskan
pengertian konektivitas antarruang dan waktu
|
4 x 40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2. Menjelaskan
keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3. Menjelaskan
pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa
lampau dan masa kini).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4. Mendeskripsikan pola aktivitas
ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi
alam.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah
menciptakan manusia dan lingkungannya.
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar
ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan berkelanjutan
kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
|
1. Menunjukkan
Peta letak wilayah dan keadaan alam Indonesia
|
2 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2. Menunjukkan
kemampuan berpikir logis untuk menganalisa peta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah
menciptakan manusia dan lingkungannya.
3.1 Memahami aspek Keruangan dan konektifitas antar
ruang dan waktu dalam lingkup
regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia (
ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan politik )
|
1.
Mendeskripsikan
pengertian iklim di Indonesia
|
6 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2. Mengidentifikasi
ciri ciri iklim di daerah tropis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3. Mendeskripsikan
Jenis jenis iklim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4. Mendeskripsikan
proses terjadinya musim hujan dan musim kemarau
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
5. Mendeskripsikan
manfaat iklim dalam kehidupan manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
6. Mendeskripsikan
persebaran curah hujan di Indonesia melalui peta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan
berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah
menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung
jawab, peduli, anun, dan percaya diri sebagaimana percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh
tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dalam kehidupan sekarang
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas
antarruang dan waktu dalam ruang lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan
politik)
3.2 Memahami
perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Buddha, dan
masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi,budaya, pendidikan dan politik
3.3 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
1.
Menjelaskan
pengertian konektivitas antar ruang dan waktu
|
10 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2.
Menunjukkan
pada peta letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3.
Mendeskripsikan
keadaan alam Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4. Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk
Indonesia berdasarkan potensi alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.1. Menghargai karunia
Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2. Menunjukkan perilaku santun toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
2.3. Menunjukkan Prilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan Interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya.
3.1. Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia(ekonomi, social, budaya,
pendidikan dan politik)
3.4. Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.1. Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan
dan pikiran masyarakat
Indonesia pada masa Pra Aksara, masa Hindu Budha, dan masa Islam dalam
aspek Geografis, ekjonomi,
budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
1.4
Menganalisis hasil observasi bentuk-bentuk
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar.
|
1.
Mendeskripsikan
potensi sumber daya udara
|
2 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2.
Mengidentifikasi
unsur-unsur udara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.1
Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan Segala perubahannya
3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dan lingkungan alam,sosial,
Budaya dan ekonomi
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran Mayarakat Indonesia pada masa
praaksara,masa hindu budha,dan masa islam Dalam aspek
geografis,ekonomis,budaya dan politik yang masih hidup dalam Masyarakat
sekarang
4.3
Mengopserfasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia Dengan lingkungan
alam,sosial,budaya dan ekonomi
|
1. Memahami
potensi sumber daya alam indonesia
|
4 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2. Menunjukkan
prilaku jujur, bertanggungjawab, peduli, santun, rasa
ingin tahu, peduli, menghargai
dan percaya diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.1
Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan
segala perubahannya
2.2
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai dan bertanggung
jawab terhadap Kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku santun,toleran dan peduli dalam melakukan interaksi
manusia dengan Lingkungan dan temn
sebayanya
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektifitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia(ekonomi, sosial budaya, pendidikan
dan politik)
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi
manusia dan lingkungan alam,sosial,budaya dan
Ekonomi
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran
masyarakat Indone sia pada masa
praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis,ekonomi,
budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan Alam,sosial,budaya dan
ekonomi dilingkungan masyarakat sekitar.
|
1.
Mendeskripsikan tentang potensi sumber sumber daya air
|
6 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2. Menjelaskan tentang siklus air(daur
hidrologi)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3. Mengidentifikasi macam-macam air menurut
pembagiannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4. Memberikan contoh air didarat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
5. Mengidentifikasi danau-danau di Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
6. Mengidentifikasi sungai-sungai di
Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
7.
Mendeskripsikan tentang tentang sungai terpanjang di Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
8.
Mendeskripsikan danau terbesar di Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
9. Mendeskripsikan pemanfaatan dan
air hujan,air sungai di waduk
dan di bendungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.1 Menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2. Menunjukkan perilaku
rasa ingin tahu, peduli,menghargai dan betanggung jawab terhadap kelembagaan
sosial,budaya, ekonomi dan politik.
2.3 Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi manusia dengan lingkungan dan
teman sebayanya.
3.1 Memahami aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan
dan berkelanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik)
3.4 Memamhami pengertian dinamika interaksi manusia dan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamik interaksi manusia dengan lingkungan
alam,sosial,budaya,dan ekonomi dilingkungan masyarakat
|
1.
Mendeskripsikan pengertian sungai, danau, dan waduk /bendungan
|
4 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2.
Menunjukan kemampuan berpikir logis, kreatif dan
inovatif tentang fungsi sungai pada
masa praaksara dan masa sekarang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
3.
Mendeskripsikan perbedaan danau berdasrkan proses
pembentukannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
4.
Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab bagi
kehidupan manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
1.2. Menghargai karunia
Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2. Menunjukkan perilaku santun toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
2.3. Menunjukkan Prilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan Interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya.
3.1. Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia(ekonomi, social, budaya,
pendidikan dan politik)
3.4. Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
4.1. Menyajikan hasil
pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan
dan pikiran masyarakat
Indonesia pada masa Pra Aksara, masa
Hindu Budha, dan masa Islam dalam aspek
Geografis, ekjonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam
masyarakat sekarang.
1.5
Menganalisis hasil observasi bentuk-bentuk
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
|
1. Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam
|
4 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2.
Mengelompokkan jenis-jenis Sumber
daya alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
Memberikan contoh Sumber daya alam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4.
Mengidentifikasi manfaat Sumber daya Alam bagi kehidupan manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.
Menganalisis potensi sumber daya alam Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
1.1. Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah
menciptakan waktu
dengan segala perubahannya.
2.2. Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli,
menghargai dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi
dan politik.
2.3. Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli
dalam melakukan interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya
3.1. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
3.4. Memahami pengertian dinamika interaksi
manusia dan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang
hasil-hasil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa Praaksara,
masa Hindu-Budha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.3. Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
|
1.
Mengidentifikasi
jenis-jenis barang tambang
|
6 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2. Mendeskripsikan
penyebaran barang tambang di Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3. Mendeskripsikan
manfaat barang tambang bagi kehidupan manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4. Mendeskripsikan
peranan barang tambang terhadap perekonomian Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5.
Mendeskripsikan
cara mengatasi kelangkaan barang tambang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
1.1. Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah
menciptakan waktu
dengan segala perubahannya.
2.2. Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli,
menghargai dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi
dan politik.
2.3. Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli
dalam melakukan interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya
3.1. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
3.4. Memahami pengertian dinamika interaksi
manusia dan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang
hasil-hasil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa Praaksara,
masa Hindu-Budha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.3. Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
|
1. Mendeskripsikan
potensi dan persebaran sumber daya laut
|
6 x
40 Menit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
2. Mendeskripsikan
manfaat dari sumber daya laut
3. Mendeskripsikan
pengertian dari hutan mangrove
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4. Mendeskripsikan
penertian terumbu karang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, .......................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
IPS
....................... ....................................................
...................................... ..................................................
No comments:
Post a Comment