Thursday, 3 October 2019

CONTOH PROSEM (Program Semester)

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN ......................
Nama Sekolah
:.......................................
Kelas/Semester
: ......................................
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )


Kompetensi Inti         :
KI 1       :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3       : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4       : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
Semester Ganjil  2014 / 2015
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1     Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, aman, dan percaya diri sebagaima na ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.1     Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan, dan politik)
1.3     Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk  dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
1.    Menjelaskan pengertian konektivitas antarruang dan waktu
4 x 40 Menit






















2.    Menjelaskan keadaan alam Indonesia ditinjau dari aspek keruangan


















3.    Menjelaskan pengaruh keadaan alam Indonesia terhadap aktivitas penduduk Indonesia dalam ruang dan waktu (masa lampau dan masa kini).



















4.    Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam.



















1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
1.    Menunjukkan Peta letak wilayah dan keadaan alam Indonesia
2 x 40 Menit


















2.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis untuk menganalisa peta



















1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
3.1 Memahami aspek Keruangan dan konektifitas antar ruang dan waktu dalam lingkup   regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan politik )

1.     Mendeskripsikan pengertian iklim di Indonesia
6 x 40 Menit


















2.     Mengidentifikasi ciri ciri iklim di daerah tropis


















3.     Mendeskripsikan Jenis jenis iklim


















4.     Mendeskripsikan proses terjadinya musim hujan dan musim kemarau


















5.     Mendeskripsikan manfaat iklim dalam kehidupan manusia


















6.     Mendeskripsikan persebaran curah hujan di Indonesia melalui peta


















1.2 Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial
1.3 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, anun, dan percaya diri sebagaimana  percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dalam kehidupan sekarang
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam ruang lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
3.2  Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Buddha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi,budaya, pendidikan dan politik
3.3  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan  alam, sosial, budaya, dan ekonomi

1.      Menjelaskan pengertian konektivitas antar ruang dan waktu
10 x 40 Menit


















2.      Menunjukkan pada peta letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia


















3.      Mendeskripsikan keadaan alam Indonesia



















4.      Mendeskripsikan pola aktivitas ekonomi penduduk Indonesia berdasarkan potensi alam



















1.1.   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2.  Menunjukkan perilaku santun toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
2.3. Menunjukkan Prilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan Interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya.
3.1. Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia(ekonomi, social, budaya, pendidikan dan politik)
3.4.  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,   dan ekonomi
4.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan  dan pikiran masyarakat  Indonesia pada masa Pra Aksara, masa Hindu Budha, dan masa Islam dalam aspek         Geografis, ekjonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
1.4       Menganalisis hasil observasi bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan    alam, sosial, budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
1.      Mendeskripsikan potensi sumber daya udara
2 x 40 Menit


















2.      Mengidentifikasi unsur-unsur udara



















1.1 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan   Segala perubahannya
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dan lingkungan alam,sosial, Budaya dan ekonomi
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran  Mayarakat Indonesia pada masa praaksara,masa hindu budha,dan masa islam Dalam aspek geografis,ekonomis,budaya dan politik yang masih hidup dalam Masyarakat sekarang
4.3 Mengopserfasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia Dengan lingkungan alam,sosial,budaya dan ekonomi

1.      Memahami potensi sumber daya alam indonesia
4 x 40 Menit


















2.      Menunjukkan prilaku jujur, bertanggungjawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, peduli, menghargai dan percaya diri



















1.1 Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai dan bertanggung jawab terhadap  Kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3 Menunjukkan perilaku santun,toleran dan peduli dalam melakukan interaksi manusia dengan   Lingkungan dan temn sebayanya
  3.1 Memahami aspek keruangan dan konektifitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional  serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia(ekonomi, sosial budaya, pendidikan  dan politik)
3.4  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dan lingkungan alam,sosial,budaya dan  Ekonomi
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indone      sia pada masa praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis,ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan   Alam,sosial,budaya dan ekonomi dilingkungan masyarakat sekitar.
1. Mendeskripsikan tentang potensi sumber sumber daya air
6 x 40 Menit


















 2. Menjelaskan tentang siklus air(daur hidrologi)


















 3. Mengidentifikasi macam-macam air menurut pembagiannya


















 4. Memberikan contoh air didarat


















 5. Mengidentifikasi danau-danau di Indonesia


















 6. Mengidentifikasi sungai-sungai di Indonesia


















7. Mendeskripsikan tentang tentang sungai terpanjang di Indonesia


















8. Mendeskripsikan danau terbesar di Indonesia


















 9. Mendeskripsikan pemanfaatan  dan  air hujan,air sungai  di waduk dan di bendungan


















1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala    perubahannya
2.2. Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli,menghargai dan betanggung jawab terhadap kelembagaan sosial,budaya, ekonomi dan politik.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya.
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.4 Memamhami pengertian dinamika interaksi manusia dan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamik interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya,dan ekonomi dilingkungan masyarakat

1.      Mendeskripsikan pengertian sungai, danau, dan waduk /bendungan
4 x 40 Menit


















2.      Menunjukan kemampuan berpikir logis, kreatif dan inovatif tentang fungsi sungai pada   masa praaksara dan masa sekarang


















3.      Mendeskripsikan perbedaan danau berdasrkan proses pembentukannya


















4.      Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab bagi kehidupan manusia



















1.2.   Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.2.  Menunjukkan perilaku santun toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
2.3. Menunjukkan Prilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan Interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya.
3.1. Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan manusia(ekonomi, social, budaya, pendidikan dan politik)
3.4.  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
        dan ekonomi
4.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan  dan pikiran masyarakat
        Indonesia pada masa Pra Aksara, masa Hindu Budha, dan masa Islam dalam aspek  Geografis, ekjonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
1.5       Menganalisis hasil observasi bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan  alam, sosial, budaya,dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.

1.    Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam
4 x 40 Menit


















2.    Mengelompokkan   jenis-jenis Sumber daya alam






















3.    Memberikan contoh Sumber daya alam























4.    Mengidentifikasi manfaat Sumber daya Alam bagi kehidupan manusia
























5.    Menganalisis potensi sumber daya alam Indonesia























1.1. Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2. Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3. Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya
3.1. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
3.4. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu-Budha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.3. Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.

1.    Mengidentifikasi jenis-jenis barang tambang
6 x 40 Menit


















2.    Mendeskripsikan penyebaran barang tambang di Indonesia






















3.    Mendeskripsikan manfaat barang tambang bagi kehidupan manusia






















4.    Mendeskripsikan peranan barang tambang terhadap perekonomian Indonesia






















5.    Mendeskripsikan cara mengatasi kelangkaan barang tambang























1.1. Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
2.2. Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai dan bertanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3. Menunjukkan perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi manusia dengan lingkungan dan teman sebayanya
3.1. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
3.4. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
4.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu-Budha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.3. Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
1.    Mendeskripsikan potensi dan persebaran sumber daya laut
6 x 40 Menit


















2.    Mendeskripsikan manfaat dari sumber daya laut
3.    Mendeskripsikan pengertian dari hutan mangrove






















4.    Mendeskripsikan penertian terumbu karang























Mengetahui,                                                                                                                                                    .......................................
Kepala Sekolah                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran IPS





.......................                                                                                                                                                 ....................................................
......................................                                                                                                                                   ..................................................

No comments:

Post a Comment