RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
……………………….
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester :
VII/1
Materi Pokok : Keadaan
Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI):
1. KI 1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. KI
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
3. KI 3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. KI
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR (KD):
1. 3 Menghargai karunia Tuhan
Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2. 1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, santun dan
percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan
Islam dalam kehidupan sekarang
3. 1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (Ekonomi,
social, budaya, pendidikan, dan politik)
1. 1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan berkelanjutan kehidupan
manusia (Ekonomi, social, budaya, pendidikan dan politik)
1.2 Menyajikan
hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan
dan fikiran masyarakat
Indonesia pada zaman praaksara, zaman Hindi-Budha, dan zaman Islam dalam aspek
geografi, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat
sekarang
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:
1. Menunjukkan letak astronomis negara Indonesia pada peta
atau globe
2. Menjelaskan letak astronomis negara Indonesia
3. Mendeskripsikan pengaruh letak astronomis negara
Indonesia terhadap iklim dan waktu di Indonesia
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui diskusi
peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan letak astronomis negara Indonesia
2.
Menjelaskan
pengaruh letak astronomis negara
Indonesia terhadap iklim dan waktu di Indonesia
3.
Mengidentifikasi
batas-batas wilayah Indonesia dengan letak astonomis
E. MATERI AJAR:
1.
Letak Astronomis Indonesia
2.
Pengaruh
letak astronomis terhadap iklim dan waktu di Indonesia
3.
Batas-batas
wilayah Indonesia dengan letak astronomis
F.
METODE PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode :Diskusi dengan teknik StudentTeam Achievement Divisions
(STAD)
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a.Persiapan psikis dan fisik dengan
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama(menghayati
ajaran agama),
b.Menginformasikan tujuan yang akan
dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu).
c.Menyampaikan secara singkat garis
besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.Memberi motivasi peserta didik untuk
aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu “Indonesia
Raya ” (Membangun nilai cinta tanah air)
dilanjutkan dengan tanya jawab tentang makna lagu di hubungkan dengan keadaan
alam Indonesia (syair terlampir)
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Penutup
|
a.Membagi peserta didik menjadi 7
kelompok (A, B, C,D,E,F dan G
) masing-masing beranggotakan 5
orang.
b.Pelaksanaan
STAD
(1).Penugasan
menggunakan kajian materi untuk dikerjakan dalam kelompok masing masing, dengan pembagian :
•Kelompok
A,B,C,D tentang letak astronomis dan pengaruhnya terhadap iklim di Indonesia .
•Kelompok E,F,G tentang letak astronomis dan pengaruhnya terhadap pembagian waktu di Indonesia.
2).Pelaksanaan diskusi kelompok(peserta didik berdialog untuk saling membantu memahami materi
pembelajaran dengan anggota kelompok kemudian mencatat hasil diskusi
3).Pelaksanaan unjuk kerja/presentasi(antar kelompok saling menanggapi
secara berurutan contoh;kelompok A menanggapi kelompok B dst.
4). Pelaksanaan konfirmasi dilakukan dengan memberikan umpan balik
berdasarkan hasil presentasi
5). Pengisian kuis.
A. Membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran yang dilakukan peserta
didik bersama guru
B.melaksanakan tes secara tulis(kejujuran)
C. Menugaskan peserta didik melakukan pengamatan untuk pertemuan
berikutnya tentang(1) Letak geografis Indonesia(dengan mengamati peta, buku sumber peserta didik(2)Melakukan kajian/analisis yang berhubungan dengan social, budaya
,ekonomi.
d.Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan
masing”(Religius)
|
10 Menit
40 menit
20 menit
10 menit
|
H.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
·
Media : Peta, globe
·
Alat : Laptop, LCD,
Proyektor
·
Sumber : Suciati, Setiawan
Iwan, Dedi.2014. Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Sosial/Kementerian dan kebudayaan.
Jakarta
Mushlih
Ahmad, Setiawan Iwan, Suciati, Dedi.2014. Ilmu pengetahuan Sosial /Kementerian
Pendidikan dan kebudayaan.Jakarta
I. PENILAIAN
a. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
sikap sosial
|
Total nilai
|
||
karunia Menghayati Tuhan
|
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
1-4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Nilai sikap siswa : Jumlah
nilai yang diperoleh dibagi 4
b. Penilaian Pengetahuan
No.
|
Butir Peratanyaan
|
1.
|
Dimanakah terdapat letak astronomis Indonesia ?
|
2.
|
Apakah yang dimaksud dengan letak astronomis ?
|
3.
|
Apakah perbedaan antara garis
lintang dan garis bujur ?
|
4.
|
Jelaskan keuntungan dari letak astronomis bagi Indonesia ?
|
5.
|
Benarkan wilayah Indonesia terletak di wilayah tropis ? jelaskan
alasan mu !
|
|
|
|
|
c. Penilaian Keterampilan
Rubrik Penilaian
Keterampilan (Presentasi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kemampuan Presentasi (1-4)
|
Kemampuan Berargumentasi (1-4)
|
Kemampuan Menjawab (1-4)
|
Penguasaan Materi (1-4)
|
jumlah Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a) Skor rentang antara 1-4
1=kurang
2=cukup
3=baik
4=amat baik
b) Nilai : jumlah skor dibagi 4
Rubrik Penilaian Keterampilan (Diskusi)
No
|
Nama Peserta Didik
|
Pemahaman materi 1-4
|
Kemampuan mengemukakan pendapat 1-4
|
Berkontribusi 1-4
|
Kemampuan menerima pendapat teman 1-4
|
Jumlah nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a. Skor rentang antara 1-4
1=kurang
2=cukup
3=baik
4=amat baik
Mengetahui, Bakongan, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPS
MAISARAH CUT
MASNIDAR, A.Md
NIP. 19580213 198012 1 001 NIP. 19690503 200801 2 001
LEMBAR KEGIATAN SISWA
1. Judul
: Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indones
2. Mata Pelajaran
: IPS
3. Kelas / semester: VII / 1
4. Waktu
: 3 pertemuan ( 6 x 40 menit )
5. Petunjuk Belajar:
A. Baca secara cermat materi sebelum anda mengerjakan
tugas
B. Pelajari materi IPS tentang Letak wilayah dan
pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
C. Kerjakan sesuai dengan langkah sesuai petunjuk guru
D. Kerjakan dengan cara berdiskusi dengan tekni STAD
E. Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan
mengerjakan tugas
6. Tujuan belajar yang akan dicapai :
Pada kegiatan ini peserta didik diharapkan dapat :
a. Menjelaskan letak Astronomis dan Geografis Indonesia
dengan lingkungan alam
b. Menganalisis hubungan alam dengan kegiatan manusia
dalam bidang ekonomi,social,budaya.
7. Informasi
Bacalah dengan cermat uraian materi tentang Letak wilayah dan pengaruhnya
bagi keadaan alam Indonesia
8. Tugas dan
langkah kerja
a. Deskripsikan letak astronomis Indonesia
b. Gunakan fasilitas internet dan buku IPS lainnya untuk
mencari pengaruh letak astronomis terhadap iklim dan pembagian waktu di
Indonesia
c. Ambil peta dan gunakan media tersebut untuk
mempelajari wilayah Indonesia dan menganalisa batas” wilayah Indonesia.
d. Jelaskan tentang kaitan antara letak geografis dengan
kehidupan Sosial,budaya,dan ekonomi Indonesia.
e. Membaca dan mencari dampak positif dan negative dari
letak geografis Indonesia
f. Laporkan hasil diskusi kelompokmu secara tertulis
g. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas
QUIZ UNTUK PERTEMUAN 1,2 DAN 3
Kerjakan soal-soal berikut ini !
Kuis untuk pertemuan 1
1. Sebutkan letak astronomi Indonesia !
2. Jelaskan pengaruh letak astronomis Indonesia terhadap
iklim dan waktu di Indonesia!
Kuis untuk pertemuan 2
3. Sebutkan letak geografis Indonesia !
4. Jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kehidupan
di bidang ekonomi, social dan budaya
Kuis untuk pertemuan 3 ( 20 menit )
5. Sebutkan batas” wilayah Indonesia secara geografis.
6. Sebutkan dampak positif dan dampak negative letak
geografis Indonesia (masing” 3)
5. Format Laporan Individu (PR)
Batas-batas wilayah Indonesia pada Peta Indonesia
Utara
|
Selatan
|
Barat
|
Timur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Rubrik
Penilaian Diskusi
Pertemuan
ke 1
1. Tema : Letak astronomis Indonesia
2. Kelompok :
.................
3. Kelas /Smt :
VII/1
4. Pertemuan :
Ke-1
Berilah tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
dengan penilaian Anda!
No
Urut
|
Kategori
|
Skor
|
|||
Baiksekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
A
|
KUALITAS
|
|
|
|
|
1
|
Persiapan baik
|
|
|
|
|
2
|
Organisasi jelas
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta /
buku
|
|
|
|
|
4
|
Informasi disampaikan dengan jelas
|
|
|
|
|
5
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
6
|
Pernyataan (statement) bersifat persuasif
|
|
|
|
|
B
|
ETIKA
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional
|
|
|
|
|
2
|
Saling mendengarkan dan merespon
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menghina (menyela pembicaraan)
|
|
|
|
|
4
|
Tidak mendominasi pembicaraan
|
|
|
|
|
5
|
Secara
aktif ikut terlibat
|
|
|
|
|
C
|
LAIN-LAIN
|
|
|
|
|
1
|
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
|
|
|
|
|
2
|
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti
yang disampaikan kedua
|
|
|
|
|
|
Jumlah Keseluruhan
|
|
|
|
|
Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor
2: Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
45 ke atas =
A (Baik Sekali & Berkualitas)
30-44
= B (Baik)
15-29
= C (Cukup)
< 14
= D (Kurang memenuhi syarat)
KOMENTAR:..
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
6. Rubrik Penilaian Diskusi
Pertemuan
ke 2
1.
Tema : Letak geografis dan pengaruhnya terhadap kehidupan
sosial,budaya dan ekonomi
2. Kelompok :
.................
3. Kelas /Smt :
VII/1
4. Pertemuan :
Ke-1
Berilah tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
dengan penilaian Anda!
No
Urut
|
Kategori
|
Skor
|
|||
Baiksekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
A
|
KUALITAS
|
|
|
|
|
1
|
Persiapan baik
|
|
|
|
|
2
|
Organisasi jelas
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta /
buku
|
|
|
|
|
4
|
Informasi disampaikan dengan jelas
|
|
|
|
|
5
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
6
|
Pernyataan (statement) bersifat persuasif
|
|
|
|
|
B
|
ETIKA
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional
|
|
|
|
|
2
|
Saling mendengarkan dan merespon
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menghina (menyela pembicaraan)
|
|
|
|
|
4
|
Tidak mendominasi pembicaraan
|
|
|
|
|
5
|
Secara
aktif ikut terlibat
|
|
|
|
|
C
|
LAIN-LAIN
|
|
|
|
|
1
|
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
|
|
|
|
|
2
|
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti
yang disampaikan kedua
|
|
|
|
|
|
Jumlah Keseluruhan
|
|
|
|
|
Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor
2: Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
45 ke atas =
A (Baik Sekali & Berkualitas)
30-44
= B (Baik)
15-29
= C (Cukup)
< 14
= D (Kurang memenuhi syarat)
KOMENTAR:..
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
7. Tabel Penilaian
Kuis I
1.
Tema : dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia
2. Kelas :
VII.................
3. Tanggal :
.................
Nama Siswa
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR NILAI KUIS
Kuis untuk pertemuan 1
1. Sebutkan letak astronomi Indonesia ! ( skor : 4 )
2. Jelaskan pengaruh letak astronomis Indonesia terhadap
iklim dan waktu di Indonesia!
( skor 6 )
Tabel penilaian kuis pertemuan ke 2 :
1.
Tema : Letak geografis Indonesia dan pengaruhnya di bidang social,ekonomi dan budaya
2. Kelas :
VII.................
3.
Tanggal :
.................
Nama Siswa
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kuis untuk pertemuan 2
3. Sebutkan letak geografis Indonesia ! ( skor 4 )
4. Jelaskan pengaruh letak geografis terhadap kehidupan
di bidang ekonomi, social dan budaya
( skor 12)
Tabel penilaian kuis pertemuan ke 3 :
1. Tema : Letak geografis Indonesia berkaitan dengan batas” wilayah dan dampak positif negatifnya
2. Kelas :
VII.................
3. Tanggal :
.................
Nama Siswa
|
Skor nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kuis untuk pertemuan 3 ( 20 menit )
5. Sebutkan batas” wilayah Indonesia secara geografis. ( skor 8 )
6. Sebutkan dampak positif dan dampak negative letak
geografis Indonesia (masing” 3)
( skor 12 )
1.
Rubrik Penilaian
PR
Pertemuan
ke 1
1. Tema :
2. Kelompok :
.................
3. Kelas /Smt :
VII/1
4. Pertemuan :
Ke-2
No
|
Nama
Siswa
|
A
s p e k
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Gaga-san
|
Kerja
sama
|
Inisi-atif
|
Keak-tifan
|
Kedisip-linan
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor : Kriteria
Nilai
Baik sekali =
4 A = 80 –
100 :
Baik Sekali
Baik =
3 B = 70 –
79 :
Baik
Cukup =
2 C = 60 –
69 :
Cukup
Kurang =
1 D = ‹
60 :
Kurang
Skor
perolehan

Skor
Maksimal
2. Rubrik Penilaian PR
Pertemuan
ke 2
1. Tema :
2. Kelompok :
.................
3. Kelas /Smt :
VII/1
4. Pertemuan :
Ke-2
No
|
Nama
Siswa
|
A
s p e k
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Gaga-san
|
Kerja
sama
|
Inisi-atif
|
Keak-tifan
|
Kedisip-linan
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor : Kriteria
Nilai
Baik sekali =
4 A = 80 –
100 :
Baik Sekali
Baik =
3 B = 70 –
79 :
Baik
Cukup =
2 C = 60 –
69 :
Cukup
Kurang =
1 D = ‹
60 :
Kurang
Skor
perolehan

Skor
Maksimal
3. Rubrik Penilaian PR
Pertemuan
ke 3
1. Tema :
2. Kelompok :
.................
3. Kelas /Smt :
VII/1
4. Pertemuan :
Ke-2
No
|
Nama
Siswa
|
A
s p e k
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Gaga-san
|
Kerja
sama
|
Inisi-atif
|
Keak-tifan
|
Kedisip-linan
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor : Kriteria
Nilai
Baik sekali =
4 A = 80 –
100 :
Baik Sekali
Baik =
3 B = 70 –
79 :
Baik
Cukup =
2 C = 60 –
69 :
Cukup
Kurang =
1 D = ‹
60 :
Kurang
Skor
perolehan

Skor
Maksimal
SYAIR
LAGU INDONESIA TANAH PUSAKA
Karangan / Ciptaan : ?
TANAH
AIR KU TIDAK KULUPAKAN
KAN
KU KENANG SELAMA HIDUPKU
BIAR
PUN SAYA PERGI JAUH
TIDAK
KAN HILANG DARI KALBU
TANAH
KU YANG KU CINTAI
ENGKAU
KU HARGAI
No comments:
Post a Comment